Selasa, 02 November 2010

Menag: Gereja Mitra Kerja Pemerintah Bina Masyarakat


Menag Suryadharma Ali

BOGOR, MediaMaumere-- Gereja merupakan mitra kerja pemerintah dalam membina masyarakat, kata Menteri Agama Suryadharma Ali, di Caringin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin.
    
"Kami berharap gereja meningkatkan perannya dalam membina masyarakat. Gereja merupakan mitra kerja pemerintah dalam mewujudkan kesejahteraan dan kejayaan bangsa," kata Menteri Agama saat membuka Sidang Agung Gereja Katolik Indonesia (SAGKI) 2010 di Bogor.
    
Suryadharma Ali mengemukakan, agar penyelenggaraan SAGKI 2010 dapat membuahkan hasil optimal bagi peningkatan peran gereja dalam membina masyarakat.
    
"Gereja serta berbagai rumah ibadah umat beragama yang ada di Indonesia memiliki peran penting dalam membina masyarakat," paparnya.
    
Ia menambahkan, "Banyak hal yang perlu kita benahi bersama dalam membangun bangsa ini. Kita masih harus terus banyak belajar memahami dinamika dan perubahan yang berlangsung."
    
Pemahaman terhadap dinamika yang berlangsung, dinilai penting karena, sebagian bangsa ini kerap tersesat di tengah jalan yang terang. "Kita sering tersesat di tengah jalan yang terang," kata Suryadharma Ali.

Selain kerap tersesat di tengah jalan yang terang, lanjutnya,   bangsa ini juga kerap tersesat di tengah kebebasan.

"Kebebasan bersifat terbatas. Karena di balik kebebasan sebuah komunitas, terdapat kebebasan komunitas lain," ujarnya.

Bila kebebasan tidak terkontrol, sambungnya, akan menimbulkan dampak besar berupa gejolak di tengah masyarakat.
    
"Gereja dan semua rumah ibadah perlu membina umatnya dengan baik agar selalu menghormati dan menghargai keberadaan komunitas lain, sehingga timbul kerukunan antarumat beragama," kata Menteri Agama menjelaskan. (ant)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar