Senin, 14 Juni 2010

LAUT DORENG TENGGELAMKAN KMN SINAR BAHARI

MAUMERE, MM. Kapal Motor Nelayan (KMN) Sinar Bahari milik nelayan sumbawa, minggu (13/06/2010) sekitar pukul 04.00 Wita dini hari, tenggelam di pantai selatan Desa Nehbura, Kecamatan Doreng, Kabupaten Sikka, dalam pelayaran dari Sumbawa menuju Kupang dengan awak kapal sebanyak sembilan orang.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sikka, Gregorius Rehi, melalui Kepala Bidang Orbansos, Adji Juanda, SH, kepada Media Maumere ketika di temui di ruang kerjanya, Senin (14/06/2010).

"Kapal teresebut dalam pelayaran menuju Kupang guna melakukan aktifitas penangkapan ikan sesuai dengan ijin operasional yang dikantonginya, namun ketika melewati perairan selatan Pulau Flores kapal tesebut tenggelam. namun tidak menelan korban jiwa. Seluruh anak buah kapal dalam keadaan selamat setelah mendapat pertolongan dari warga desa Nehbura,"jelas Aji.

Menurut Aji, sesuai dengan informasi yang diperoleh dari Kusnadi selaku juragan KMN Sinar Bahari, waktu itu kondisi perairan cukup tenang dan kondisi kapal dalam keadaan baik. Namun tiba-tiba saja kapal langsung tenggelam. Dan di perkirankan kerugian mencapai Ratusan juta rupiah.

"Kesembilan ABK saat ini masih ditampung di salah satu rumah warga Desa Nehbura, sambil berupaya untuk melakukan  evakuasi kapal ke tepi pantai bersama Tim SAR Pos Maumere, anggota Tagana Sikka dan juga masyarakat desa setempat" ungkapnya.

Pihak Dinsosnakertrans,kata Adji, ketika mendapat informasi dari pihak kecamatan Doreng, langsung menuju lokasi kejadian dengan membawa bantuan berupa beras sebanyak 100 kg dan menurut rencana, jika kapal tersebut tidak bisa di evakuasi, pihaknya akan membantu memulangkan kesembilan ABK Sinar Bahari ke Sumbawa. (Fik)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar