Minggu, 15 Agustus 2010

43 Imigran Gelap Masuk Maumere

MAUMERE,Media Maumere,co.cc-- Sebanyak 43 orang imigran gelap masuk ke Kota Maumere, Kabupaten Sikka, Jumat dan Sabtu (13-14/8/2010. Para imigran gelap ini ada yang masuk melalui Bandara Frans Seda, dan ada yang masuk melalui Pelabuhan Lorens Say.

Informasi yang diperoleh Media Maumere menyebutkan, 30 dari 43 orang imigran itu masuk melalui Pelabuhan Lorens Say menggunakan Kapal Willis, Sabtu (14/8/2010) dinihari. Para imigran ini ditangkap aparat Polres Sikka dan pihak Imigrasi Maumere di Pelabuhan Lorens Say Maumere. Dari 30 orang yang masuk melalui Pelabuhan Lorens Say ini, ada sembilan imigran yang memiliki paspor sebagai turis dan 21 lainnya tanpa paspor.

Dalam pemeriksaan yang dilakukan petugas imigrasi di Pelabuhan Lorens Say, ditemukan beberapa imigran tidak memiliki  dokumen. Petugas kemudian menggiring para imigran tersebut, di antaranya anak-anak dan perempuan, menuju Hotel Maiwali-Maumere untuk memeriksa dokumennya.

Sedangkan 13 orang imigran lainnya masuk sehari sebelumnya, yakni Jumat (13/8/2010) siang dan sore. Dari 13 imigran ini, 10 di antaranya masuk ke Kota Maumere melalui Bandara Frans Seda, siang hari. Para imigran ini datang dari Denpasar-Bali menggunakan pesawat. Sementara tiga imigran lainnya datang pagi melalui jalan darat.

Dari hasil pemeriksaan petugas, para imigran itu berasal dari Vietnam, Turki, Kuwait, Saudi Arabia dan Iran. Namun yang terbanyak berasal dari Iran. Para imigran ini rencananya hendak menuju ke Australia menggunakan kapal motor.

Kepala Imigrasi Maumere, Purwadi, di Hotel Maiwali-Maumere, Sabtu (14/8/2010) siang, mengakui adanya puluhan imigran yang masuk ke Kota Maumere. Setelah dicek, jelas Purwadi, petugas menemukan imigran tersebut di salah satu penginapan di Kecamatan Waigete, Kabupaten Sikka.
Menurut Purwadi, pihaknya akan memroses para imigran sesuai ketentuan hukum yang berlaku dalam UU Imigrasi. Bagi yang tidak mengantongi dokumen akan diproses dan ditindak.  "Kami juga akan melakukan proses pengamanan yang ketat bersama aparat Polres Sikka agar tidak ada yang melarikan diri," kata Purwadi. (pk)

Data Imigran :

*  Jumlah Imigran 43
*  Laki-Laki : 34
*  Wanita : 9
*  Vietnam : 5
*  Turki : 3
*  Kuwait : 10
*  Arab Saudia : 2
*  Iran : 14
Sumber: Imigrasi Maumere

Tidak ada komentar:

Posting Komentar